https://ferrari-wiki.com/ https://www.hillaryfarm.co.id/images/keth88/ https://ppdisnakertrans.riau.go.id/ http://103.153.229.43/ https://irontrianglebrewing.com/ http://38.9.137.147/ http://38.9.137.143/ http://multapipvtiti.com/bbfstoto/ https://umbima.ac.id/wp-content/-/ https://cg57811.tmweb.ru/halo/ https://dishub.riau.go.id/wp-content/-/ http://103.168.147.224/ http://ejournal.umpwr.ac.id/public/journals/26/ https://slotqris.media9.co.id/content/ http://dim-et-ioann.ioa.sch.gr/content/ https://dishub.riau.go.id/wp-admin/content/ https://ace.dilmil-yogyakarta.go.id/content/ http://103.160.62.181/
https://www.norcarestaurant.ca/wp-content/-/ http://strengthsensei.elegance.work/ https://institutomarlene.edu.co/wp-content/assets/
ANALISIS PENGARUH PROMOTIONAL MIX TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK MINUMAN RINGAN BERKARBONASI MEREK COCA-COLA | Wulandari | SEGMEN: Jurnal Manajemen dan Bisnis

ANALISIS PENGARUH PROMOTIONAL MIX TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK MINUMAN RINGAN BERKARBONASI MEREK COCA-COLA

Eka Wulandari

Abstract


Promotional mix atau bauran promosi sangat penting dilakukan agar konsumen mengerti dan mengetahui tentang keunggulan dan keistimewaan suatu produk, sehingga konsumen tertarik pada produk tersebut dan melakukan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh promotional mix yang terdiri dari advertising, sales promotion, personal selling, public relation dan direct marketing terhadap keputusan pembelian.

Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen produk minuman ringan berkarbonasi merek Coca-Cola di Purworejo yang jumlahnya tidak dapat diketahui dengan pasti (infinite), sedangkan teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 130 orang. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dinilai dengan skala likert yang masing-masing sudah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan regresi linear berganda.

Hasil analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa variabel advertising, sales promotion, personal selling, public relation dan direct marketing secara parsial dan simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada produk minuman ringan berkarbonasi merek Coca-Cola. Karena Coca-Cola melakukan advertising melalui berbagai media, sales promotion dengan memberikan banyak hadiah, diskon, dan mengadakan event, personal selling melalui jaringan distribusi tak langsung, public relation dengan mensponsori banyak acara, mengadakan kegiatan layanan masyarakat, serta direct marketing dengan memberikan informasi melalui website.

 

Kata kunci: promotional mix, keputusan pembelian


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/sjmb.v12i1A.2828

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.